Pemilik Telur Emas yang Serakah – Dongeng

Pada suatu hari, hiduplah seorang pedagang kain di sebuah desa bersama istri dan dua anaknya. Mereka memang cukup kaya. Mereka memiliki induk ayam yang indah yang bertelur setiap hari. Tetapi itu bukan telur biasa, melainkan telur emas. Tetapi pria itu tidak puas dengan apa yang biasa ia dapatkan setiap hari. Dia adalah orang yang ingin kaya dalam sekejap.

Pria itu ingin mendapatkan semua telur emas dari ayamnya dalam sekali jalan. Jadi, suatu hari dia berpikir keras bagimana caranya agar ia mendapatkan semua telur dari ayam itu dalam sekejap. Akhirnya dia memiliki sebuah rencana. Ia memutuskan untuk membunuh ayam itu dan mengumpulkan semua telur.

Keesokan harinya, ketika ayam meletakkan telur emas, pria itu menangkapnya, mengambil pisau tajam, memotong lehernya dan memotong tubuhayam itu. Tidak ada apapun selain darah di sekelilingnya dan tidak ada jejak telur sama sekali. Dia sangat sedih karena mulai sekarang tidak akan mendapatkan satu telur pun.

Sebelumnya hidupnya berjalan lancar dengan satu telur sehari. Tapi sekarang, dia sendiri membuat hidupnya sengsara. Hasil dari keserakahannya adalah bahwa ia mulai menjadi lebih miskin & lebih miskin dari hari ke hari dan akhirnya menjadi miskin. Betapa bodohnya dia.

ORANG YANG SELALU MENGINGINKAN LEBIH AKAN KEHILANGAN SEGALANYA, SESEORANG HARUS SENANTIASA MERASA BERSYUKUR ATAS APA YANG DIA DAPAT.

Leave a comment